Senin, 06 Agustus 2012

Iman + Pertumbuhan Iman Anak


IMAN
&
PERTUMBUHAN IMAN ANAK

Kajian Teoritis Mengenai Pertumbuhan Iman Anak
a.      Pengertian Iman
            Kata Iman (Ibrani émun) diterjemahkan “Kesetiaan”, namun juga ada istilah lain digunakan kata (Ibrani batakh) yaitu “percaya.”  Sedangkan istilah Iman dalam PB adalah Pistis dan kata kerja Pisteuo Yaitu “mempercayai”, dengan kata sifat Pistos (Douglash, 1994 :430-431), sedang menurut Ricardson Iman (Faith) artinya “to believe.” (1962:151). Maka pengetian Iman menurut Kamus Alkitab adalah “kepercayaan terutama kepada reliabilitas Allah”, pengertian yang modern mengenai iman adalah semacam pengetahuan yang lebih rendah atau penerimaan pendapat atau cerita, yang tidak sepenuhnya dapat dibuktikan (Browning, 2007:150).
            Makna Alkitab Iman adalah berkaitan dengan kepercayaan, yang lebih terletak pada hakikat komitmen, meskipun dalam kenyataan tersirat juga adanya dasar yang membuat iman tidak dapat didukung oleh bukti sejarah secara meyakinkan (Browning, 2007:150).

b.      Iman Menurut Alkitab
            Alkitab menguraikan pendidikan agama dalam PL dan PB. Di mana dasar pengajarannya adalah Alkitab termasuk PL. Pendidikan agama dalam PL tidak terlepas dari pendidikan agama Yahudi, dan  digolongkan dalam dua bagian besar dengan batas pembuangan Israel ke Babel (Graendorf, Werner, 1988:26).      

Ada Beberapa Halaman, Silakan :
Download di sini (Reguler)

Download (Daftar Pustaka)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar